Selamat Datang di WebBlog Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat, Alamat: Jl. Gunung Pangilun Padang, Kampus I STKIP PGRI SUMBAR Email: biostkip@gmail.com

Minggu, 05 Juni 2011

Kuliah Lapangan Ekologi Hewan 2008 A-E

Gak biologi klo gak praktikum dan gak biologi namanya klo gak kelapangan......

Kali ini bio STKIP PGRI Padang, mengadakan kuliah lapangan ekologi hewan bersama ibu Armien Lucy, S.Si., M.Si di sekitar danau Maninjau. Kuliah lapangan yang dilaksanakan pada tanggal 4 dan 5 Mei 2011 ini di ikuti oleh mahasiswa tahun masuk 2008 sesi A-E. KL kali ini mahasiswa didampingi oleh bpk Haris Ikwandi, S.Si., Yosmed Hidayat, S.Si., Rizki, S.Si., M.P., ibu Elza Syafiti, S.Si., M.Si., Mimin M. Zural. S.Pd., dan dengan asisten Sri Kenegsih, S.Pd., Irwen Evendi dan Rahma Dilla.

Parameter yang dianalisis pada Kuliah lapangan di maninjau ini yaitu mengukur faktor-faktor lingkungan daerah sekitar danau Maninjau. Pada pengukuran faktor biotik, mahasiswa memasang jebakan metode pit fall trap, metode ini digunakan untuk mengumpulkan arthopoda tanah seperti arachnida, diplopoda, dan serangga lainnya. Pemasangan perangkap jebak ini dilakukan di pinggir sungai di sekitar danau maninjau.

Selain itu juga di pasang perangkap Light Trap atau perangkap cahaya. Metode ini digunakan untuk mengumpulkan serangga terbang di malam hari. Pemasangan perangkap ini dilakukan di sekitar penginapan di daerah danau maninjau.

Selain pengukuran faktor biotik, juga dilakukan pengukuran faktor abiotik seperti suhu udara, tanah, air dan kadar oksigen terlarut (DO). Pengukuran faktor abiotik ini dilakukan sekali 60menit selama 24 jam. (Rizki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar